Selasa, 24 Januari 2012

'NASI' UNTUK SUKSES

Seperti yang pernah disampaikan oleh orang sukses yang saya kenal dari Hong Kong bahwa THERE ARE SO MANY PEOPLE SUCCESS IN THE WORLD STARTING FROM EATING RICE PROPERLY. Kurang lebih artinya bahwa Banyak Orang Sukses di Dunia ini Berawal Dari Makan Nasi Secara Benar. Tentu saja 'nasi' yang dimaksud disini bukanlah nasi yang berwarna putih yang biasa kita makan setiap hari, melainkan 'nasi' dari Inggris, yakni RICE. Hampir bisa dipastikan bahwa orang-orang sukses itu selalu memiliki RICE yang senantiasa menempel pada dirinya. Siapapun kita yang merancang sukses masa depan, tidak bisa ditawar lagi, kita juga 'wajib' mengkonsumsi RICE setiap saat dimanapun kita berada. Karena RICE itulah formula pembangkit sukses setiap insan. Lalu apa yang dimaksud dengan RICE ini..?? Sehinggga kita wajib mengkonsumsinya untuk mendahsyatkan potensi diri kita sehingga mencapai kesuksesan.

RICE disini adalah kepanjangan dari:

R = Resources (Sumber Daya Manusia),
I = Ideas (Ide, Inisiatif, Inovasi, Improvisasi),
C = Connection (Koneksi, Jaringan),
E = Experts (Ahli, pakar).

Inilah formulanya. Sangat simple memang, tetapi dampak dari mengkonsumsinya sangat luar biasa. Kita tidak punya pilihan lain jika ingin sukses dalam hidup kecuali dengan terus-menerus tiada henti mengupgrade Resources atau Sumber Daya Manusia kita. Namun SDM saja belum cukup untuk mampu menempatkan kita ke dalam posisi sukses, masih harus ditambah formula kedua yakni Ideas atau Ide-2, Inisiatif, Inovasi atau Improvisasi.

Banyak orang yang sangat pinter, pandai dan cakap dengan SDM yang sangat mempuni tetapi secara sosial mereka tidak bisa dikatakan sebagai orang-2 sukses karena mereka tidak memiliki Ide-2 cemerlang, inovasi tiada henti, Insiatif yang minim atau Improvisasi yang tidak memadai sehingga SDM-nya baru cukup untuk diri sendiri. Untuk lebih suskes dalam hidup, diperlukan tidak sekedar SDM yang baik tapi juga inisiatif atau ide-2 yang dahsyat.

Coba kita bayangkan sekarang kalau ada orang yang SDMnya bagus, Ide dan inisiatifnya banyak tetapi orang ini tidak dikenal siapapun. Kira-kira orang ini punya peluang sukses apa tidak ya ...??? Menurut saya tidak, karena sukses itu juga perlu dikenal orang. Makanya ada orang sukses bilang bahwa TIDAK PENTING ANDA KENAL SIAPA KARENA YANG TERPENTING ADALAH SIAPA KENAL ANDA atau It is not important WHO YOU KNOW but it is very important WHO KNOW YOU. Oleh karena itu, disamping Resources dan Ideas, diperlukan formula atau komponen lainnya yakni Connection atau Koneksi atau jaringan. Siapapun kita yang memiliki variabel R, I dan C ini memiliki peluang sukses sangat besar dalam hidupnya namun jika kesuksesannya dibangun hanya dengan 3 variabel ini, maka sifat suksesnya rapuh dan mudah runtuh apabila tidak dilengkapi dengan variabel terakhir. Karena variabel atau unsur terakhir ini tidak kalah pentingnya untuk menyempurnakan kesuksesan kita. Unsur terakhirnya adalah Experts atau ahli atau pakar. Orang sukses pasti memiliki keahlian khusus yang tidak dimiliki oleh orang lain.

Kesimpulannya, jika anda ingin sukses maka anda harus makan RICE dengan benar.

0 komentar:

Posting Komentar