Selasa, 24 Januari 2012

Generasi Muda Butuh Kesempatan dan Kepercayaan


Untuk ukuran seseorang yang membawahi 17 organisasi, dunia kepemudaan sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari keseharian sosok H. Imam Zuhdi. Generasi muda sangat penting untuk dibina, ingat bahwa yang terpenting dari kehidupan ini adalah proses, maka sangat penting bagi seorang pemuda untuk mau berprose agar kelak dirinya menjadi seseorang yang matang dan berkualitas sehingga akan bermanfaat bagi nusa, bangsa dan agamanya. Sebenarnya kalau kita lihat tahap perkembangan dalam ilmu psikologi, masa muda adalah masa paling penting dalam siklus kehidupan manusia. Masa muda identik dengan rasa ingin mencoba dan liar. Oleh karena itu ada dua hal sederhana yang sebenarnya dibutuhkan oleh generasi muda yaitu sebuah kesempatan dan kepercayaan. Kesempatan untuk beraktualisasi dan kepercayaan untuk diberi tanggung jawab.
Peran pemuda Kabupaten Malang juga sangat penting, mereka harus diberikan fasilitas dan wadah untuk beraktualisasi dan berkreasi agar ide-ide mereka bisa terrealisasikan. Organisasi-organisasi pemuda seperti Karang Taruna, Organisasi Mahasiswa, KNPI dll harus hidup dan mampu mewadahi harapan generasi muda kita. Pentingnya pendidikan politik dan demokrasi bagi generasi muda atau pemilih pemula harus diperhatikan. KPU selaku penyelenggara pemilu harus menyediakan program khusus untuk mensosialisasikan tentang pemilu kepada para pemilih pemula sehingga para generasi muda kita menjadi cerdas politik bukan korban politik.
Sebagai seseorang yang banyak membina organisasi kepemudaan, Imam Zuhdi selalu memberikan kesempatan pada para pemuda untuk ikut berperan. Untuk generasi muda, pemerintah harus siap menyediakan fasilitas pada generasi muda untuk berkarya. Program-program pro pemuda harus masuk ke setiap desa dan kecamatan agar para pemuda yang tingkat pendidikan tidak terlalu tinggi, bisa terdistribusi pada lahan pekerjaan yang disiapkan dan bisa mandiri karena sudah ada pelatihan-pelatihan skill untuk mereka. Perlu juga apresiasi untuk para generasi muda berprestasi seperti beasiswa dll.

0 komentar:

Posting Komentar